Silahkan mendownload template ini di Portal Hack4rt

5 linux lokal / indonesia rekomendasi

Ditulis oleh: -
Indonesia ingin menyetarakan gender, kali ini dalam hal distro linux. banyak sekali linux buatan indonesia yang keren dan elegtant. memang jika di hitung lebih dari dua tangan akan tetapi ada bebrapa distro yang masuk kategori keren yang muncul pada tahun 2008 dan masih berlangsung sampai sekarang.

1. blangkon 8 review

blankon mempunyai filosofi bahwa blankon di harapkan bisa menyadarkan orang dawri windows ke linux. pada awal berdiri blankon berlogo tutup kepala orang jawa. kan tetapi di blankon rote, blakon menggunakan logo ) dan 1. dari tidak sadar menjadi sadar.

versi terakhir dari blankon adalah blankon 8. di versi ini tidak lagi menggunakan turunan ubuntu. di tahun sebelumnya yaitu di blankon sajadah masih mengekor pada ubuntu. dari segi tampilan blankon tidak kalah karena menggunakan manokwari sebagai desktopnya. aplikasi yang terinstall di blankon 8 juga sudah komplit mulai dari perkantoran, musik, multimedia sampai media untuk pendidikan.

2. igos nusantara atau linux nusantara 9 terbaru

dasar atau based yang di pakai adalah fedora yah inilah igos nusantara. memang sempat terjaid perubahan nama dari linux nusantara menjadi igos nusantara. igos sendiri merupakan kepanjangan dari indonesia go open source.

baru baru ini igos akan merilis versi terbarunya yaitu igos sembilan atau IGN 9. pada edisi igos 8.1 menurut saya sudah sangat nyaman untuk tampil;an serta kecepatan bootingnya juga standart. atau bisa masuk dalam kategori cepat.

karena saya tidak terlalau memenitngkan penampilan dan cukup puas dengan adanya congky yang terpasang maka setelah mengistall igos saya tidak merubah sedikitpun yang ada disana.

3. linux kinjeng os

linux ringan mirip xp


memang bagi para pengguna windows linux terasa asing. maka dari itu kinjeng os hadir dengan nuasa yang mirip dengan jendela. dua style yang ada di kinjeng linux ialah xp style dan vista style. dengan ini harapan kedepan para pengguna atau user mau untuk bermigrasi dan dengan senang hati menggunakan linux entah apapun itu.

4.zencafe

linux ringan mirip windows


distro yang satu ini cocok untuk teman teman yang menginginkan kinerja yang cepat pada laptop atau komputer yang terinstall linux. saran dari teman teman para linuxer distro ini cocok untuk netbook atau komputer dengan spesifikasi kecil sehingga ringan.

5. sundara os

gabungan dari bebrapa distro linux ini menjadikan sebuah dekstop dengan kelas tersendiri. sundara os hampir sama prinsip nya dengan kinjeng yaitu memikat para pengguna yang masih setia dengan windo untuk segera mengganti system operasinya.

maka dari itu dari mulai antar muka, aplikasi serta isinya di buat semirip mungkin. kingsoft meerupakan office yang free yang bisa di install di dalam sundara sehingga kita tetap merasa nyaman layakanya mengetik atau menggunakan tugas kantor dengan office 2007, 2010 atau office 2013.

itulah distro favorit saya. bagaimana dengan anda? apa tertarik untuk menggunakan karya anak negeri? harusnya iya karean dengan ini kita bisa bangga bahwa indonesia bisa juga menciptakan system operasi. selain itu untuk tutorial atau juga keluhan kita akan semakin mudah untuk bertanya atau meminta saran dari para pembuatnya mengapa? sebab yang membuat adalah orang indonesia.
Terimakasih telah membaca artikel 5 linux lokal / indonesia rekomendasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://linucker.blogspot.com/2013/04/5-linux-lokal-indonesia-rekomendasi.html. Jika ingin copy paste artikel ini, jangan lupa untuk mencantumkan link sumber.

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

0 comments "5 linux lokal / indonesia rekomendasi", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan baik dan benar, menggunakan akta kata sopan, no sara, tidak melecehkan serta tidak spam dan live link